open access

Abstract

Studi ini berdasarkan tesis yang berjudul ‘’Strategi Komunikasi Pemasaran Sosial dalam Mencetak Kader Dakwah Kampus, Studi Kasus Kaderisasi Lembaga Dakwah Kampus ITS.’’ Studi ini dilakukan dikarenakan terdapat sebuah Lembaga Dakwah Kampus (LDK) yang bernama Jemaah Masjid Manarul Ilmi (JMMI) yang telah berhasil mencetak mahasiswa yang memiliki kepribadian Islamiyah, daiyah, dan kepribadian pemimpin. Pada Studi ini dijelaskan secara rinci mengenai strategi komunikasi yang dilakukan oleh JMMI ITS dalam kegiatan mentoring untuk mencetak mahasiswa yang memiliki kepribadian Islamiyah, daiyah, dan kepribadian pemimpin. Acuan konsepnya menggunakan konsep komunikasi Anwar Arifin. Pendekatan riset dan analisinya deskriptif kualitatif, sedangkan data didapatkan dari hasil wawancara secara mendalam terhadap beberapa informan yang kredibel kapasitasnya dan didukung data dokumen, selain itu juga dilakukan triangulasi sumber. Hasil studi menunjukkan bahwa JMMI menggunakan strategi komunikasi sebagai berikut: (1) JMMI melakukan pengenalan terhadap komunikan, yaitu pengetahuan terhadap materi, bahasa kelompok yang didikuti, (2) JMMI melakukan penyusunan pesan, yaitu disesuaikan dengan bahasa yang dipahami komunikan, (3) JMMI melakukan pemilihan metode (4) JMMI melakukan pemilihan media, utamanya face to face, (5) JMMI memerankan komunikator, yaitu berakhlak baik, skill komunikasi baik, menjalin hubungan yang baik dengan komunikan.