open access

Abstract

Majalah Auleea adalah salah satu media cetak berplatform dakwah khusus Muslimah. Majalah ini bisa dikatakan survive dalam menghadapi kompetisi berbagai media majalah selainnya. Setiap bulan jumlah oplah Majalah Auleea mencapai 5000an, dapat dikategorikan sebuah oplah yang relatif sukses. Melalui tulisan ini digambarkan bagaimana penerapan strategi pemasaran Majalah Auleea dengan menggunakan komunikasi pemasaran. Teori yang digunakan adalah teori strategi komunikasi pemasaran milik Kotler dan Fandi Ciptono. Studi dilaksanakan dengan pendekatan deskriptif kualitatif, yang datanya didapatkan dari jajaran direksi, redaksi, dan tim pemasaran Majalah Auleea, sedangkan metode pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dan dokumen terkait. Harapannya studi ini bisa memberikan manfaat dan pelajaran bagi media cetak Islam (Muslimah) yang lainnya, utamanya yang baru atau belum berkembang. Hasil studi menunjukkan bahwa tujuan komunikasi majalah Auleea ada tiga, yakni tujuan kognisi, afeksi, dan konasi. Untuk tahap kognisi majalah Auleea lebih banyak menggunakan saluran iklan baik melalui media cetak dan media radio sedangkan untuk tahap afeksi dan konasi melalui pemasaran langsung, promo, media sosial dan event. Sedangkan apabila ada target pasar yang tidak sependapat dengan isi majalah maka digunakan komunikasi public relation.