Abstract
Masjid merupakan aset pembangunan umat, oleh karena itu pengelolaan masjid perlu direncanakan dengan baik. Saat ini, telah tersedia berbagai macam metode atau sistem manajemen strategis yang terbukti mampu meningkatkan kualitas manajemen organisasi. Studi ini, bertujuan untuk merumuskan desain perencanaan strategis lembaga masjid menggunakan metode balanced scorecard yang merupakan sistem manajemen populer yang telah banyak diadopsi dan diadaptasikan pada berbagai jenis organisasi termasuk organisasi nonprofit. Jenis studi ini adalah studi kualitatif dengan desain adaptasi teori (theory adaptation), yang mencoba untuk mengadaptasikan teori Balanced Scorecard sebagai metode penyusunan perencanaan strategis lembaga masjid. Hasil kajian ini adalah penyusunan perencanaan strategis masjid terdiri dari tiga komponen utama meliputi peta strategi masjid, balanced scorecard, dan action plan. Peta strategi masjid disusun dengan memperhatikan empat perspektif balanced scorecard. Skema peta strategi masjid memiliki perbedaan dengan skema peta strategi orisinal Balanced Scorecard. Visi dan tujuan masjid menjadi muara peta strategi masjid dan perspektif pelanggan berada pada hierarki paling atas. Selain itu, perspektif finansial digunakan untuk menopang perspektif proses internal dan perspektif pembelajaran dan pertumbuhan. Keseluruhan sasaran strategis dalam peta strategi masjid diikuti dengan penetapan ukuran hasil (lag indicator) dan target. Untuk mencapai sasaran strategis diperlukan action plan yang kesuksesannya diukur berdasarkan ukuran pemacu kinerja (lead indicator).