open access

Abstract

Dalam pemberdayaan masyarakat islam, teknik komunikasi persuasif sangatlah dibutuhkan. Penelitian ini mengambil rumusan masalah Bagaimanakah Teknik Komunikasi Persuasif dalam Pemberdayaan Masyarakat Islam di Bank Sampah Songolikoer? Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan bantuk teknik komunikasi persuasif yang dilakukan oleh pengurus Bank Sampah Songolikoer dalam menjalankan tahapan pemberdayaan masyarakat islam. Studi ini menggunakan pendekatan kualitatif lapangan. Pengambilan data dengan wawancara dan pengamatan langsung dilapangan. Hasil penelitian ini didapatkan teknik komunikasi persuasif yang dilakukan pada tahapan pemberdayaan Bank Sampah Songolikoer antara lain pada tahap pertama, penyadaran, Teknik komunikasi persuasif yang digunakan adaah teknik ganjaran, teknik tataan. Tahap kedua, yang merupakan tahap transformasi kemampuan, teknik komunikasi persuasif yang digunakan adalah teknik ganjaran, teknik asosiasi, dan teknik red herring. Tahap ketiga yang merupakan tahap peningkatan kemampuan intelektual, kecakapan-ketrampilan, teknik komunikasi persuasif yang digunakan adalah teknik ganjaran. Temuan penelitian ini, teknik ganjaran menjadi teknik komunikasi persuasif yang dominan digunakan dalam pemberdayaan masyarakat di Bank Sampah Songolikoer.