open access

Abstract

BAZNAS merupakan badan resmi pemerintah yang memiliki tugas danfungsi dalam menyalurkan zakat, infak, dan sedekah (ZIS). BAZNAS telah berhasilmenghimpun dana ZIS dengan jumlah besar termasuk melalui jalur digital.Keberhasilan ini tidak terlepas dari promosi produk program BAZNAS lewat media-medianya, salah satunya adalah media website. Kajian ini membahas pesan promosiyang ada dalam website baznas.go.id sebagai bagian salah satu media promosidalam mencapai keberhasilan BAZNAS. Teori yang digunakan adalah teoriperancangan pesan. Kajian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptifdengan memaparkan hasil kajian melalui uraian dan gambar. Sumber data websitediakses antara September 2019 hingga Januari 2020. Hasil temuan dari kajian iniadalah message content rational appeal ditunjukkan dengan manfaat program sertaakuntabilitas lembaga. Emotional appeal mengutamakan emosi positif denganmoral appeal lewat pemberdayaan masyarakat. Message structure berupa one-sideargument dengan alur presentasi klimaks serta conclusion drawing yang telahdikunci pemahamannya. Variasi message format pesan promosi baznas.go.id yangberupa teks, gambar, dan video, ditunjang dengan infografik serta kualitas gambardan video yang bagus, dan warna hijau sebagai warna dominan promosi BAZNAS.Message source pada pesan promosinya mengutamakan expertise dantrustworthiness. Terutama pada pesan promosi berupa pesan penghargaan yangmenggunakan kredibilitas pesan expertise dan trustworthiness hingga pada tingkatdunia.